Si Cacat yang Tidak Cacat

Maret 10, 2010 at 5:29 am Tinggalkan komentar

 

 Apa yang anda pikirkan tentang diri anda, SELALU BENAR ! Jika anda berpikir anda orang yang kalah, maka semua tindakan anda akan seperti seorang yang kalah. Anda merintih, merangkak, meratap, mengeluh serba terbatas, melangkah setengah-setengah, berjuang tidak maksimal, berdoa tidak sepenuh hati. Hasilnya ….ya seorang yang kalah.

       Sebaliknya, ketika anda berpikir menjadi seorang pemenang, maka pikiran, tindakan, upaya anda adalah seorang pemenang. Anda gigih berusaha, bangkit setiap kali gagal, mencari cara baru, berjuang sepenuh hati, mengubah keterbatasan menjadi kebebasan, berdoa dengan tulus.  Hingga akhirnya kemenangan itu tiba.

        KUNCINYA ADA DI PIKIRAN KITA !

          Namanya QIAN HONGYAN. Bocah kecil negeri Cina ini sebenarnya dilahirkan normal. Namun kecelakaan fatal saat usianya 3 tahun membuat separuh tubuh hingga batas pinggang harus diamputasi.

          Keadaan itu lebih diperparah dengan kondisi ekonomi keluarganya yang miskin ! Sehingga untuk menyangga tubuh bocah itu, orangtuanya hanya mampu membelikan potongan bola basket. Sebuah hal yang jauh dari rasa nyaman dan percaya diri !

Tamatkah Qian dengan keterbatasan itu ? Ternyata TIDAK. Qian tidak pernah menyesali apa yang telah terjadi pada dirinya. Dia tidak pernah mengeluh, bahkan justru lebih banyak tersenyum. Sebuah semangat hidup yang luarbiasa besarnya.

       JUARA DUNIA RENANG OLYMPIADE tahun 2012 adalah targetnya. Oleh karena itu, ia gigih berlatih renang dengan hanya menggunakan kekuatan tangannya ! Sungguh menakjubkan !

       Sekarang, lihatlah diri kita ! Kita harus lebih bersyukur karena telah dianugerahi tubuh yang lebih sempurna dari Qian. Tapi sudahkah kita setegar dan sekuat bocah kecil itu ketika kita menyadari keterbatasan yang kita miliki ? Kita mungkin tidak cacat secara fisik, tetapi bisa jadi kita cacat secara mental.

        Ketika kita dihadapkan dengan keterbatasan dan kemiskinan lalu kita berpikir kalah dan pesimis ; tidak mau bangkit setiap kali jatuh maka jadilah kita orang sempurna tapi cacat ! Hidup serasa tidak bermakna dan hampa. Lalu kita merasa tidak percaya diri dan akhirnya tidak mau berbuat apa-apa.

        Maka benarlah yang diungkapkan oleh Konfusius (filsafat China kuno) :”Orang sukses bukanlah orang yang tidak pernah gagal, tetapi orang yang selalu bangkit setiap kali gagal”

Ngomong-ngomong, ternyata kalo kita pesimis kita akan jadi beneran miskin. Dan kalau kita optimis, maka kita jadi tidak miskin. Ach…. Yang bener ?

Bener aja. Sebab PESIMIS itu singkatan dari “PEnyakit SI MISkin. Dan OPTIMIS singkatan dari Oke Pasti TIdak MISkin ! 

        Ayo, kini saatnya bagi kita untuk bangkit mengubah keterbatasan dan kemiskinan kita menjadi sebuah kebebasan. Tidak mudah, tetapi bukan tidak mungkin. Semuanya bisa terjadi, asalkan pikiran kita bekerja dengan benar dan kita mengambil TINDAKAN ! Tidak ada yang dihasilkan hanya dari melamun. AMBIL TINDAKAN SEKARANG dan perhatikan apa yang terjadi ! Semua itu berpulang kepada diri kita sendiri. Mau apa Nggak ?

Entry filed under: Lain-lain. Tags: .

Outline Resume – Laporan Pertanggung Jawaban LKM Penyerahan Dana BLM PNPM MP

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


LKM Gajah Putih: Berdaya, Mandiri, Madani

Kelurahan Gajahan, Kecamatan Pasar Kliwon, Surakarta. Jl. AM Sangadji No 07 Solo 57115 Telp (0271) 645375. email: gajahputih_lkm@yahoo.com
Maret 2010
S S R K J S M
« Feb   Jun »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

%d blogger menyukai ini: